"KOMUNITAS PECINTA SEJARAH KOTA TUA"

Kamis, 23 Juni 2011

Mayor Jantje dan Tanjidor


Musik orkes yang kemudian dikenal dengan sebagai tanjidor berawal dari Citrap atau Citeureup sekitar dasawarsa kedua abad 19. musik ini disebut – sebut sebagai musik para budak dan tak lepas dari peranan seorang mayor keturunan mardykers ( orang merdeka ). Adalah Agustijn Michiels, keturunan Jonathan Michiels, seorang mardykers yang menjadi pemimpin kaum mardykers di timur laut Batavia, yang mewariskan musik tersebut.
Jonathan bergelar Oud Luitenant der Inlandsche Burgerij of der Papangers - letnan senior kaum papang. Ia memiliki tanah di Cileungsi dan Klapanunggal.
Warisan Jonathan jatuh ke tangan Agustijn, pada tahun 1807-setelah 20 tahun dinas di kemiliteran - berhenti dengan gelar Oud Majoore der Burgerij atau Kolonel Titulair. Meski demikian, Agustijn yang kaya raya tak pernah tinggal di Weltevreden sebagai mana warga Belanda dan Eropa lainya. Sebagai mardykers ia memilih tetap tinggal di Ancol, dimana kaum mardykers tinggal.
Di tahun 1817, Agustijn yang kemudian lebih dikenal sebagai Mayor Jantje, membeli tanah Citrap sekaligus daerah pedalaman sepanjang jalan raya antara Batavia dan Buitenzorg ( Bogor ). Dalam ulasanya pada buku Mayor Jantje: Cerita Tuan Tanah Batavia Abad ke-19 karangan Johan Fabricius, Mona Lohanda menjelaskan, sebagai tuan tanah, Mayor Jantje memiliki ratusan budak. Sebanyak 30 orang di antaranya tergabung dalam Korps Musik Papang ( Het Muziek Corps der Papangers ) yang dibentuk antara 1827 – 1829. para pemusik itu mengiringi pesta sang mayor setiap malam. Dari musik Eropa sampai musik Tionghoa dimainkan. Musik ini terus dimainkan hingga kematian menjemput Mayor Jantje pada 27 Januari 1833 di kediamanya di Semper Idem, Batavia.
Dengan kematian Mayor Jantje, keberadaan orkes tak jelas lagi. Para budak melelang alat musik Eropa seperti tamburin Turki, terompet Perancis, drum bas, dan clarinet. Mona menegaskan, nama tanjidor diperkirakan berasal dari bahasa Portugis, tanger ( bermain musik ) dan tangedor ( bermain musik diluar ruangan ), namun Betawi pun punya kata tanji ( musik ). Tanjidor hingga pertengahan tahun 1950-an masih menghibur warga pada saat merayakan tahun baru, termasuk ngamen di kawawsan Kota.
( Pradaningrum Mijarto )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar